Monday, December 14, 2015

Manfaat Makan Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

2 comments :
Tahukah Anda bahwa Jengkol ternyata punya manfaat bagi tubuh. Jika selama ini Anda beranggapan bahwa Jengkol hanyalah makanan yang bau tak sedap ternyata Anda salah. Banyak manfaat Jengkol yang belum banyak diketahui orang-orang.



Berikut beberapa manfaat Jengkol Bagi Kesehatan tubuh

1. Pembentukan Jaringan Tubuh
Kandungan protein yang tinggi pada jengkol dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. kandungan protein pada jengkol ternyata jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau dan kacang keledai.


2. Mencegah Anemia
Jengkol ternyata kaya akan zat besi yang mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel darah merah

3. Mencegah Tulang Keropos / Memperkuat tulang dan gigi
Selain zat besi dan protein, kandungan zat lain yang ada di dalam jengkol adalah kalsium dan fosfor. Dua zat ini adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Kalsium dan fosfor dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Jadi, sering mengkonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup dapat membuat tulang pada tubuh anda menjadi lebih kuat.

4. Merampingkan perut
Jangan salah ya, jengkol juga dapat membantu merampingkan perut yang buncit. Kandungan seratnya yang tinggi dapat melancarkan BAB sehingga secara tidak langsung membuat perut langsing. Salah satu penyebab buncitnya perut pada seseorang adalah karena buang air besar yang tidak lancar dan tidak teratur.

5. Mencegah diabetes
Hebatnya lagi, jengkol dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Mengapa? Di dalam buah jengkol terdapat zat yang tidak ditemukan pada bahan-bahan makanan lainnya. Zat tersebut dinamakan zat asam jengkolat. Asam jengkolat ini berupa kristal-kristal yang tidak larut oleh air. Karena sifat diuretic inilah jengkol sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anda para penderita gangguan ginjal. Dikhawatirkan ginjal tidak akan mampu menyaring asam jengkolat pada buah jengkol. Akibat ginjal tidak mampu menyaring asam jengkolat adalah sulit berhentinya buang air kecil (anyang-anyangan).

 dirangkum dari berbagai sumber

2 comments :

  1. saya sukasih makan jengkol, tapi gak tau cara masaknya hehehe
    dan juga baru tau kalau jengkol punya segudang manfaat

    ReplyDelete
  2. Ons bied dwelms om verskeie gesondheidsprobleme te behandel, gebruik van 'n gegewe dwelm en sade kan die siekte heeltemal genees.

    Obat Epilepsi
    Obat Jantung Bocor Anak
    Obat Lipoma
    Obat Gerd
    Obat Herbal Alami

    ReplyDelete