Saturday, September 24, 2011

Babak Baru Akan di Mulai

28 comments :

2007

Ini sungguh berat, sangat berat untuk seorang remaja yang masih labil sepertiku. Kenapa orang sepertiku harus punya mimpi yang besar? Kenapa aku tak seperti anak-anak di lingkunganku, yang cukup mengatakan “yang penting sekolah”.  

Dan disaat aku mendapatkan kesempatan untuk menimba Ilmu di universitas yang ingin kutuju, Ayah dan Ibu kuanggap “merusak impian” yang telah kuidam-idamkan. Lalu kembali aku menyesalkan diriku yang terlahir sebagai seorang perempuan, “Kamu perempuan… kita tidak punya saudara di yogya, nanti siapa yang jagain” Alasan klise pikirku. Di saat orang tua lain berbangga jika anaknya mendapatkan beasiswa di salah satu universitas yang terkenal baik, Ayah dan Ibu menyuruhku untuk mundur. Bertahan di kota kecil yang ku anggap tak akan baik untuk kemajuanku. 

Aku menjadi tertutup, lalu diam mengikuti apa yang mereka inginkan. Dan akhirnya takdir mengantarkan ku pada sebuah Universitas swasta di Bengkulu yang waktu SMA tak pernah ku harap akan menjadi almameterku. Aku kian malu saat teman-teman SMA mengajak reunian, AKU TAK PERNAH DATANG, semua tak akan percaya kalau aku sekarang menjadi mahasiswa Universitas ini. 

Aku semakin tertekan dengan kondisi kampus yang jauh berbeda dengan yang kuharapkan, bahkan jika dibandingkan dengan SMA ku yang penuh dengan persaingan sehat, penuh dengan gairah berprestasi. Universitas ini terlihat begitu hampa, sangat hampa… tak ada persaingan sehat yang kuidamkan, tak ada teman-teman yang membuatku bergairah untuk berprestasi, tak ada guru yang seperti SMA dulu, perpustakaan kosong dan pegawainya pun garang.  Aku merasa begitu kosong…  dan jika ada satu permintaanku yang boleh dikabulkan, aku ingin tetap di SMA.

2008
Entah darimana awalnya, Fakultas Agama Islam mengadakan kontes blog se-Universitas. Tumben! Inilah kata yang meluncur sinis dari mulutku. Bukannya apa-apa, berdasarkan pengamatan ku, orang-orang disini biasanya sekadar mengadakan turnamen futsal dan olahraga, untuk yang ilmiah-ilmiah: jarang sekali. Well, olahraga bagus, namun bukannya motto kampus ini kampus ilmiah??? Nah lho, kok aktivitas mahasiswanya jauh banget untuk bias dikatakan ilmiah. Datang ke kampus, duduk diam dengerin dosen, terus ke mall, atau kongkow2 kemana-mana. 

Baiklah, sudah lama kurindukan lomba-lomba seperti ini yang dulu waktu SMA setiap bulan pasti ada yang kuikuti.  GLEKK!! ! ini sungguh diluar dugaan, tak kirain pesertanya ampe ratusan orang -.-‘ ehh taunya Cuma terdiri dari 10 orang, yang kesemuanya anak teknik informatika, dan chika satu-satunya dari FKIP. Lagi-lagi chika ngedumel “INI KAMPUS APA??”

Hufftthh.. kalau sahabat jadi chika pasti akan menghela nafas panjang, gimana bisa ngeliat potensi diri kalo kayak gini??? 

Masa penjurian pun berlangsung, pada saat itu chika ternyata jadi juara 1, namun sungguh pada saat itu tidak ada rasa bahagia seperti saat memenangkan perlombaan waktu SMA, uhh lagi-lagi terus membandingkan dengan masa SMA rasanya sedih banget.

Lama-lama pikiran chika mulai terbuka dan menyadari Chika gx bisa kayak gini terus, banyak hal yang mesti chika lakuin di kampus ini. Gx bisa hanya diam ngedumel kayak gini terus…

Terjawab sudah harapan-harapan itu. Walau perlahan, akhirnya chika menemukan beberapa teman yang merasakan hal yang sama. Berharap Universitas ini menjadi terisi oleh acara-acara ilmiah, walaupun perjuangannya itu menyesakkan dada (hahaha)… 

Banyangkan aja, kalo proposal buat tanding futsal langsung di ACC, kalo proposal untuk kegiatan English Competition kayak speech contest, storytelling, debate ehh,…. Sama sekali gx dikasih dana!!! Uhh… pengen rasanya marah-marah di depan petinggi-petinggi itu -.-‘

Kampus ini chika sebut kampus aneh… hanya segelintir orang yang peduli untuk membangun citra mahasiswa yang ilmiah, dan hanya segelintir orang juga yang mau peduli dengan kemajuan mahasiswanya.
Semakin aneh, waktu chika dkk menemukan dosen yang “rusak” . dulu chika pernah cerita di multiply, bisnis pembuatan skripsi, bisnis penjualan nilai, pelecehan mahasiswa dan lain sebagainya. Perjuangan kami waktu itu gx sia-sia, akhirnya si dosen itu diturunkan dari jabatannya sebagai ketua prodi. Walaupun tuntutan kami “dia harus berhenti ngajar disini”  gx diterima…  aneh kan kampus ini? Jelas-jelas buat salah masih aja dilindungi.


2011

Tak ada yang patut disesali. Allah pasti memberikan yang terbaik. I believed it, and I proved it 
Mungkin 4 tahun yang lalu chika menyesali menjadi salah satu bagian dari kampus ini, namun sekarang chika bersyukur telah ada di sini. Banyak hal yang chika dapat, dan mungkin tak akan pernah chika dapatkan jika di menjadi mahasiswa di kampus lain.

  • Keliling Sumatera pake mobil L300 bareng orang-orang hebat dalam acara MTQ Mahasiswa Nasional di Lhoksmawe…. Tak akan dilupakan.....
  •  Pelatihan SAR Hizbul Wathan bareng Mba’Inza dan teman-teman HW Se-Indonesia, Kaliurang-Gunung Merapi- ketemu Alm. Mbah Marijan…  Bagiamana mungkin di lupakan.
  • Dapet Bantuan Rp.35 jt dari Kopertis Wilayah II Dirjen Dikti Bersama Crew J-Design printing (Mb Merry, Ka Hardi, Rio) untuk mendirikan usaha Mahasiswa, adalah anugrah sebagai mahasiswa…
  • Keliling Jakarta buat nyari Bahan dan Alat untuk J-Design Printing bareng Mba Mery, kapan lagi bakal dirasakan??
  • Menjadi Broadcaster di Jazirah Fm bereng (Mas Dandi, Ka Nover, Ka Hardi, Mas Soleh, Mas Wawan, Hafiz, Asep, Toto, Mba meri, Mba Vika, Mba Emje) adalah pengalaman paling “cool” yang tak semua mahasiswa mendapat kesempatan ini.
  • Perwakilan Kampus untuk lomba proposal Kreativitas Mahasiswa (Bareng Kak Afif dan Kak Zoo) di Sekayun, Alhamdulillah juara 2… juga bakal di rindukan…
  • Jalan-Jalan ke pekalongan-semarang, ketemu akuntan-akuntan hebat di BTM Wiradesa, gx akan mungkin kalo bukan jadi mahasiswa -.-‘
  • jadi Orator saat demo menurunkan si dosen X,,, panas-panasan bareng... kapan lagi yaaaa :(

Dan banyak lagi hal yang tak bisa disebutkan semuanya…
Kini, saat-saat itu tak akan terulang lagi, dan akan menjadi hal yang begitu dirindukan…
chika tahu, bakal sangat dirindukan… 

Foto Bareng Sarjana FKIP B.Inggris bareng Ka.Prodi Pak Ivan & Abi Luqi

babak baru akan segera dimulai… 
selamat menempuh hari-hari baru untuk teman-teman yang telah meraih gelar sarjana^^
semoga ilmunya bisa bermanfaat '
karena sesungguhnya orang hebat adalah orang yang bermanfaat bagi orang disekitarnya^^


terima kasih untuk kebersamaan selama ini^^

28 comments :

  1. Luar biasa... selamat memulai hidup baru ya, setelah lulus. ^^

    ReplyDelete
  2. Waduuuuh, senengnya udah lulus. Siap-siap baca cerita soal kerjaan nih, gaji pertama untuk apa ya?

    ReplyDelete
  3. wah... keren banget mbak reviewnya...
    semoga terus menjadi orang baik untuk sekitar...

    ReplyDelete
  4. wuah badanku langsung bergidik meliat foto tersebut.. brrrr.....

    ReplyDelete
  5. Wah, selamat ya mba chika, semoga cepat di beri momongan. Lho?! :P

    pokoknya semoga makin sukses lah. :D

    ReplyDelete
  6. selamat ya Non atas pencapaian semua ini, semoga Alloh Ridho atas semuanya sehingga memberikan jalan untuk memberikan kemanfataan bagi sekitarnya.

    ada yang belum disebut tuh, masuk sebagai bagian dari penulisan buku dan banyaknya menang lomba penulisan, tul ?

    ReplyDelete
  7. congrats yaa Chik, semua gak ada yang sia2 koq, semua udah diatur oleh Allah ;)

    btw klo di Prodiku (Eng Dept) juga tiap tahun ada lomba debat nya utk memperingati HUT Prodi :D

    ReplyDelete
  8. Akupun begitu, bukan hanya wanita, lelaki seperti aku yang dikhawatirkan orang tua (anak mami) dapat tawaran beasiswa ke Jakarta, hubungan internasional, tak disetujui orang tua, dengan alasan sama sepertimu, dan dengan alasan harus ke teknik di Sumatera utara untuk meneruskan usaha orang tua. Agak miris yang saat tes psikologi dan bakat saya disarankan masuk ke sosial class dan dipaksa ke science class.

    namun saya jalani saya :) Allah berikan terbaik pada kita. Nice story mba :D

    ReplyDelete
  9. congratulation.. gak sabar juga pengen lulus :D
    semoga menjadi lebih baik kedepannya :)

    ReplyDelete
  10. waaaaaah selamet ya kak! seneng ih baru nongol lagi tau-tau udah wisuda aja.. =D

    ReplyDelete
  11. selamat menembuh hidup baru, oops salah babak baru :)

    ReplyDelete
  12. Waah... Udah LULUS neh..MANTAAAFFF!!!
    LANJUTKAN HIDUPMU... RAIH SEMUA MIMPI2MU...
    TETAP SEMANGAATT Yach!!!
    Hwehehee.....

    ReplyDelete
  13. Raih mimpi mimpi kamu setinggi tingginya...Selamat

    ReplyDelete
  14. hebat, saatnya buktikan diri tuk diri sendiri keluarga agama dan negara.

    ReplyDelete
  15. Selamat ya mbak...selamat meraih mimpi2 indah...

    ReplyDelete
  16. nah kan. nah kan.. Pilihan Allah itu pilihan terbaik loh.. selamat ya, saya ikut senang melihat keberhasilannya..

    ReplyDelete
  17. congratulation.. chik.. smwa sudah daturr :)

    ReplyDelete
  18. embun refikal mentariOctober 5, 2011 at 10:43 AM

    ada bagian yg hilang, 2009-2010..kemana aja tu?kok di skip, g seru ah rei

    ReplyDelete
  19. selamat yachhh....smoga ke depannya mendapatkan pekerjaan yang sesuai diri sendiri...bukan keinginan orangtua lagi hehehe.....

    biasanya suka ada nasi kuning nech hehehe

    ReplyDelete
  20. Selamat ya dg kelulusannya.. Semoga akan dapat segera memanfaatkan ilmu yg diperoleh selama ini. Amin.

    ReplyDelete
  21. selamat yaaaa...moga semua harapan bs segera terwujud... :)

    ReplyDelete
  22. perjuangan belum selesai selama manusia masih didunia, tak ada kata berhenti berjuang. dan sebaik-baik perjuangan adalah menegakkan yang benar dan mencegah kemungkaran

    ReplyDelete
  23. Barakallah ya.....
    Lanjutkan perjuangan selanjutnya...
    Keep Enjoy Your life....
    Izin follow #250

    ReplyDelete
  24. waaaah nte Chika udah lulus ya
    selamat ya nte
    semoga semakin berkah

    ReplyDelete
  25. ayooo.. merantau...
    rasakan alam bebas dan dunia baruu...

    hidup kita terlalu sempit kalo terus2an bertahan dikampung halaman... :D
    *ngomporin*

    ReplyDelete
  26. Selamat ya chika, semoga Allah memberikan petunjuk kepada chika untuk kembali memulai hari yang penuh dengan tantangan dan petualangan...

    SElamat Menempuh Hidup Baru.

    ReplyDelete