Friday, March 25, 2011

Dopi, Si Detektif Lumba-Lumba

18 comments :
Negeri Seribu pulau.
Negeri bawah laut yang begitu indah. Disana tinggallah berjuta-juta makhluk ciptaan Allah dengan berbagai jenis bentuknya. Mulai dari ikan, cumi-cumi, gurita, udang bahkan ubur-ubur. Mereka hidup rukun dan damai karena mereka memiliki pemimpin yang bijaksana, yaitu Baginda Paus Biru. Baginda Paus Biru tidak tinggal di kerajaan yang harus ia tempati, Baginda Paus Biru malah memilih tinggal di rumah sederhanannya bersama istri dan anak-anaknya. Karena kebijaksanaan dan kesederhanaannya itu semua penghuni Negeri Seribu Pulau sangat menghormatinya.

Begitu juga dengan Dopi, lumba-lumba cerdik yang diangkat menjadi panglima di negeri seribu pulau. Dopi sangat ahli dalam mengontrol semua hal yang terjadi di Negeri Seribu Pulau. Jika ada kekacauan sedikit, pasti Dopi lah yang pertama kali akan datang untuk mendamaikannya. Bahkan Baginda Paus Biru pun sering kebingungan, bagaimana Dopi bisa mengontrol keamanan Negeri Seribu Pulau dengan begitu rapi dan tak ada yang terlewatkan. Setiap ada masalah, pasti Dopi yang paling tahu seluk beluk masalahnya. Dan Dopi selalu membawa benda seperti box tipis yang bisa memunculkan gambar-gambar dan kejadian-kejadian. karena itulah, penduduk Negeri Seribu Pulau menjulukinya Si Detektif Lumba-Lumba.

Suatu hari, saat Baginda Paus Biru sedang mengadakan rapat dengan Dopi dan pasukan yang lain-lain.  Tiba-tiba alarm bahaya Negeri Paus Biru berbunyi. Bunyinya begitu keras, sehingga mengejutkan seluruh penduduk Negeri Seribu Pulau.


"Dopi, apa yang terjadi?" tanya Baginda Paus Biru cemas.
"Sepertinya, terjadi sesuatu di perbatasan Negeri kita baginda?" jawab Dopi tenang.
"Bagaimana kau bisa tahu kalau terjadi sesuatu di perbatasan kita?" Baginda masih cemas akan yang terjadi.
"Sebentar Baginda," Dengan tenang Dopi membuka box tipis yang ia sebut notebook itu, dengan lincah Dopy menekan tombol-tombol yang tak baginda ketahui. Tiba-tiba muncul gambar perbatasan Negeri Seribu Pulau.

"Ha? bagimana kau bisa menampilkan perbatasan negeri kita?" tanya baginda heran.
"Baginda! saat saya melakukan kunjungan ke Negeri Matahari Terbit, saya dihadiahkan Notebook ini oleh Panglima Takeshi, disana semua panglima memantau Negeri dengan ini Baginda! dan diperbatasan dan setiap daerah saya telah memasang cctv untuk memantaunya?" jawab Dopi bangga.

"Apa itu cctv? apa itu sejenis mantra sihir?"
"Hahaaa... tentu bukan Baginda, mantra sihir itu malah membuat negeri kita nanti dapat bencana dari Sang Raja Alam... cctv itu sejenis perekam setiap kejadian yang tampak oleh nya,"
"Ahh... baiklah, nanti saja kau jelaskan padaku, sekarang cepat kirim pasukan ke perbatasan," perintah Baginda.
"Sudah baginda, sekarang masalahnya sudah teratasi... ternyata ada Bajak Laut yang mengganggu perkampungan Mutiara, dan pasukan telah membereskannya"  Baginda geleng-geleng kepala karena heran,
"Baginda, saya telah memberikan HT alias Hand Talky kepada koordinator perkampungan sehingga langsung bisa menghubungi kalau ada masalah," Dopi langsung menunjukkan Hand Talky pada baginda.


 Tiba-tiba Hand Talky Dopi berbunyi, "Panglima Dopi, Bajak Laut sudah kami atasi," suara Kapten Hiu terdengar puas,
"Bagus Kapten Hiu, ini saya Baginda Paus Biru, terimakasih atas usaha kalian," Baginda Paus Biru juga terdengar begitu puas.
"Hahaa... hebat sekali kau Dopi, kau memang cerdik... sekarang tugasmu adalah mengajarkan pada semua pasukan dan penduduk Negeri Seribu Pulau untuk memanfaatkan alat sihir ini," Baginda Paus Biru tertawa terbahak-bahak.
"Bukan alat sihir baginda... tapi alat hebat!"
"Oh iya iyaa...." Baginda terus tertawa kegirangan sambil memainkan hand talky milik dopi.

Dopi berlalu meninggalkan Baginda Paus Biru dan duduk di antara terumbu karang. Di bukanya kembali Notebooknya lalu berujar dalam hati "Terimakasih Panglima Takeshi, aku tidak akan melupakan kebaikanmu memberikan hadiah hebat ini, karena aku bisa melindungi negeri Seribu Pulau.

Sejak saat itu penduduk Negeri Seribu Pulau merasa sangat terbantu akan alat yang diperkenalkan oleh Panglima Dopi. Misalnya saja Nino si ikan badut, pemilik usaha laundry bisa mempromosikan usahanya lewat alat canggih itu, sehingga usaha nya semakin pesat. dan begitu Juga, Mr. Guri bisa mempromosikan usaha bakerynya. Semua Penduduk berterimakasih pada Dopi, Si Detektif Lumba-Lumba. Negeri Seribu Pulau semakin aman dan tentram.

----the end----

Cerita ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Cerita Anak (Dongeng) Sarikata.com 2011


18 comments :

  1. lumba-lumba sekarang juga melek teknologi yah ternyata?. hhahhaaa... sampe update status pake notebook begituan segala. ckckck

    ReplyDelete
  2. Walah GUBRAK!!!

    Dongeng jaman sekarang udah segala make Notebook dan CCTV ya haha... enaknya jadi dopi si lumba2 haha...

    Semangat n met aktivitas Chika :P

    Semoga menang.. Gud Lak...

    ReplyDelete
  3. weh manteb nih sangat mengena. Jika pakies jadi anak, maka sambil baring mendengarkan kisah ini dan sambil membayangkan kerajaan bawah laut yang canggih dengan memanfaatkan kemajuan teknologi

    ReplyDelete
  4. Chika berbakat ya nulis2 cerita...

    ngomongin lumba-lumba, jadi inget Bondan Prakoso dengan lagunya Si Lumba-lumba :)

    ReplyDelete
  5. banyak ya blognya.. aku sampai bingung mau masuk kemana hhee..
    pantesan coretan ayah itu jarang update,, rupanya ngumpet disini

    ReplyDelete
  6. aku wkt kecil suka didongengin juga ma eyangku, bahkan aku sampai lebih suka didongengin daripada baca sendiri buku dongengnya hehe :D

    Cerita yang bagus, semoga berhasil :)

    ReplyDelete
  7. tapi bagus loh postingannya,salut.nyesuain ama zaman sekarang.moga menang,klu ada waktu kunjungi blog ane ya

    ReplyDelete
  8. waw ke TKP ah. saa tau bisa ikutan. :))

    ReplyDelete
  9. Good Luck ya Chika, waktunya sebentar lagi ya

    ReplyDelete
  10. Salam...semoga berhasil Chika.
    Postingannya bagus..Chika

    ReplyDelete
  11. Wah, hebat ya si Dopi lumba2. ditempatnya dah pasang cctv, Bang Pendi aja nggak punya, hehe

    ReplyDelete
  12. ceritanya bagus banget... aku jadi kepingin buat juga. tapi masalahnya aku tak pernah bisa buat fiksi... :(

    ReplyDelete
  13. sukses ya buat lombanya, semoga menang.

    ReplyDelete
  14. Fable binatang laut plus teknologi.. imajinasi yang menarik :-) BTW gambar lumba2 dan laptopnya lucu :-)

    ReplyDelete
  15. Hihihihihihihi ... si Chika! ^_^

    ReplyDelete