Friday, January 7, 2011

The Power of Odong-Odong

16 comments :


Assalammualaikum…
Siang semuanya^^
Seperti yang chika singgung sedikit pada posting sebelumnya ^^ beberapa hari kemarin chika gx bisa blogging karena ada proyek reparasi odong-odong..hihii…
Ada yang tau apa itu odong-odong??? Hmm.. nah odong-odong ini ya odong-odong (nah lho) hihi… biasanya anak-anak kayak Baby Dija suka banget naik odong-odong, itu lho dudukan lucu yang bisa puter-puter. Dan dikendarain oleh Mamang odong-odongnya :D
Penasaran kayak apa bentuk odong-odong itu?? Ini diaa….
  

 Nah pada awalnya, ayah tertarik untuk membuat odong-odong. Dan setelah jadi odong-odongnya akan dibawa oleh orang-orang yang memang belum ada pekerjaan. Biar mereka bisa dapat tambahan penghasilan, setidaknya buat makan. Awalnya ayah membuat 3 buah odong-odong dari bahan-bahan bekas dan sepeda bekas sehingga biayanya tidak terlalu mahal. Eh kok pake sepeda ya chika??? Ya karena odong-odong itu dikendarai pake sepeda, jadi kalo anak-anak naik. Sang MAmang odong-odong ngontelin itu odong-odong jadi odong-odongnya bisa naik turun  dan puter-puter hihii…

Air Susu di Balas Air Tuba^^
Hal inilah yang dialami oleh Ayah chika. Awalnya niat baik ingin memberikan pekerjaan pada pemuda-pemuda pengangguran. Eh malah ditipu wkwkww..
Ayah sedikit bingung karena setoran yang mereka berikan tidak pernah mencukupi standar yang telah ditetapkan. Padahal ayah liat banyak anak-anak yang naik odong-odong. Malah ada yang sampe tega bilangnya mereka gx dapat pelanggan. Eh waktu ban pecah, aki habis, aki rusak, minta perbaikinya sama ayah. Nah lho???

Bukannya bermaksud suudzhon, tapi wanti-wanti ajah. Ayah mencoba membawa odong-odong ke Rumah Gubernur. Dan ternyata hasilnya ruaaarrr biasaaa :p mereka semua bohong ternyata, dapat banyak uang hasil odong-odong. Bilang nya ke ayah gx dapat apa-apa. Tuh kan berarti bohong…

Karena ayah kesal dibohongi, dua buah odong-odong ayah jual pada yang berminat. Dan satu odong-odongnya lagi, suka dibawa ayah sehabis kerja ke pantai atau taman rusa di rumah Gubernur. Awalnya ayah agak sedikit “tengsin” alias malu-malu. Hahaa…. Sampai-sampai chika suka gangguin
“Yah… Penyair kok bawa Odong-odong sihh???”

Tapi ternyata ayah jadi ketagihan bawa odong-odong :p dan satu rahasia yang chika ketahui waktu mampir ke tempat biasa ayah “ngetem” disana ada beberapa pembawa odong-odong. Dan salah satunya adalah “juragan angkot” anaknya dah sarjana semua… bawa odong-odong karena hobi dan suka bercengkrama dengan anak-anak wkwkwkw….

Ternyata hasilnya ruarrrr biasaa… kalau lagi liburan misalnya tahun baru, satu hari itu penghasilannya bisa nyampe 500 ribu… nah lho,, itu kan gaji chika ngeles anak orang satu bulan :p padahal satu kali naik odong-odong Cuma seribu perak… (kalo hari-hari besar naik 2 ribu)
 
Supaya anak-anak tambah  seneng. Akhirnya odong-odong selama 3 hari direparasi. Mulai dari perbaikan mesin… (jiaaa.. ehh lupa bilang sekarang ayah memodifikasi odong-odong dengan Motor hasil kecelakaan adik cowok chika ) hahaa….. jadi skarang odong-odongnya pake motor,,, ^^
Terus juga pengecetan ulang odong-odong biar colorfull.. hahaa.. dan terakhir tentunya.. memberikan ornament-ornament Boneka Flanel di atasnya,,, jadi sambil jualan… kalo anak-anak tertarik.. bisa langsung ambil bonekanya dengan harga LIMA RIBU hahaaa….


Langsung dan tidak langsung ternyata odong-odong membawa berkah bagi rejeki keluarga chika^^ ayah juga gx terlalu capek… kalo biasanya kan ayah berkutat dengan barang-barang furniture (kursi, sepatu, meja belajar, tenda pesanan orang yang harus dibuat. Yang ngebuat tangan ayah suka keram wkwkwkw…

Dan terakhir inilah Pembawa odong-odong paling keren se Indonesia…. Hahahaa…..
 

 sekian dulu cerita odong-odongnya
ada yang mau naik?????

16 comments :

  1. Chika, kalo odong odong disini malah dilengkapi dengan lampu warna warni lhoo...

    ReplyDelete
  2. waaaah kalo Dija naik, digratisin ya Tante??
    hehehhee....


    Dija belom berani naik odong odong Tante, soalnya belom bisa pegangan sendiri. takut jatuh. hehehee

    yang suka naik tuh kakaknya Dija..

    coba lihat ini Tante:

    http://yellow-up-yourlife.blogspot.com/2010/04/odong-odong.html


    tuh odong odong yang pake lampu.
    jadi kalo malem, meriah banget!!
    bagus sekali

    ReplyDelete
  3. @Elsa
    iya mba diatas ama didepan bawah ada lampunya...
    tapi gx keliatan di fotonya^^

    ReplyDelete
  4. http://yellow-up-yourlife.blogspot.com/2010/04/odong-odong.html


    Ayo Chika...
    tunjukin ke Ayah,
    trus bikin odong odong yang full lampu warna warni
    pasti makin laris tuh odong odongnya

    ReplyDelete
  5. wah... Benar2 keterlaluan si pemuda yg tak thu diuntung tadi... Akhirnya kena batunya jg, hehe

    ReplyDelete
  6. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ——
    Masya ALLAH...
    sadis bener tuh ya mba yg dikasih "air susu". Masak bilangnya gak rame....

    Wah,,,,sehari dapet 500ribu...

    Kalo 30 hari eksis 15 juta dong mba.... hahaha.
    ——

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد – صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    ReplyDelete
  7. Saya mikir nih mba.
    Itu tempat duduk odong2 ada 4. Kalau sehari dapat 500rb.
    Anggap aja satu kali putaran 4000.
    Berarti butuh 125 kali putaran.
    1 kali putaran sekitar 5 menit. Berarti nggenjot kalau rame nonstop = 625 menit = 10 jam lebihan.
    Hah?

    ReplyDelete
  8. waaw...
    banyak juga yya penghasilan odong odongnya,,

    ReplyDelete
  9. Keponakan aku juga seneng banget naik Odong -odong, apalagi warnanya lucu - lucu, anak -anak jd menikmati yah... semoga Rejeki dr odong -odong terus mengalir yah chika...

    ReplyDelete
  10. sehari dapet 500rb, b'arti klo s'bulan??wow fantastis euy...
    jadi inget ponakan aq yg suka rengek2 pengen naek odong2 klo pas odong2 lewat :).
    ada lagunya jg ngga chika??

    ReplyDelete
  11. Ck..ck...ck...ngga nyangka kalo Neng chika masih doyan naik odong2...hehe. Tapi pantes aja tuh sehari dapet 500 rebu...lha klo yang jagain Neng chika, bapak2 juga pada betah jagain anaknya naek odong2...hehe

    salam hangat, sukses dan sehat selalu...

    ReplyDelete
  12. adik sepupu tadi baruu ajaa jd pengejar odong2, haha :-p

    ReplyDelete
  13. belum pernah naik odong2
    jadi pengen :D

    ReplyDelete
  14. Tega banget sih pemuda2 itu ngebohongin orang tua?
    Gak berkah tuh pendapatan mereka selama menarik odong2...

    ReplyDelete
  15. Coba Chika yg bawa odong2 itu... pasti pendapatannya meningkat pesat deh.. hehehe
    BTW kreatif juga ya, jualan kerajinan tangan sambil bawa odong2.
    Semoga sukses terus...

    ReplyDelete
  16. wah wah, sekarang Mbak Chika sudah merambah ke dunia entertainment nih. hehehehe…

    yah seperti ituLah kepercayaan. suLit untuk mendapatkan kepercayaan, tetapi Lebih suLit Lagi daLam menjaga kepercayaan tersebut.

    ReplyDelete