Tuesday, October 26, 2010

Memory of Padang

42 comments :
assalammualikum..
kaget plus sedih denger kabar ada Gempa di Sumatera Barat kemarin
kembali memory setahun silam terkuak..
30 September 2009...
banyak banget korban disana, termasuk keluarga dari pihak Ayah di Padang
semua rumah di bukit hancur, dan banyak juga keluarga yang meninggal.. tertimpa longsor

miris banget hati gx bisa berbuat apa-apa saat itu
uang tak seberapa, ingin bantu tenanga harus gimana??
Saat itu aku berdoa agar bisa menjadi relawan disana, bagaimana pun caranya :(

ternyata saat itu Allah menjawab doaku
saat asyik melihat berita di Radio
ada seorang rekan tergesa-gesa menarikku ke arah masjid AlFarabi
"Adek mau jadi relawan?" kaget banget.. keinginanku selintas tiba-tiba terjawab. Tanpa ba bi bu lagi... chika mengiyakan, tanpa memikirkan apa-apa yang harus dipikirkan sebelum menjadi relawan.
"Tugas kita bukan sebagai tim SAR, ataupun tim evakuasi, tapi sebagai trainer, untuk memulihkan mental terutama anak-anak." Aku mengiyakan. Bismillah.. semoga bisa bermanfaat. CHika dan teman-teman diminta oleh Rahmania Fondation (Jakarta) dan Darut Tauhid (Bandung) untuk bergabung dengan teman-teman yang sudah berada di sana.

Alhamdulillah, Ayah Ibu mendukungku. Malam itu juga aku bersama 3 orang rekan dari Bengkulu berangkat menuju Sumatera Barat. Banyak juga rintangannya, mulai dari kondisi jalan yang banyak rusak, bau bangkai di sekitar jalanan karena masih ada mayat2 yang belum berhasil di evakuasi..

saat observasi di hotel ambacang

tim rahmania fondation, sebenernya tim di Padang ada 8 yang satu tukang moto :p
Tibalah aku dan kawan-kawan di Posko Rahmania Fondation & Daruut Tauhid di Kelurahan Kuaro Pagang , Kecamatan Nanggalo Padang. Kondisinya begitu miris, buat pengen nangis. Anak-anak banyak yang trauma, jangankan untuk berbicara dengan orang baru, melihat rumah nya saja, mereka histeris.

Hampir sebulan chika disana..
Berbagi keceriaan seperti nama yang kami Bawa ^Rumah Ceria^
melihat senyum mereka jadi seneng banget

ini di SD saat melakukan training motivasi

outbond ama anak2

kreasi "Be a Hero"
saat perpisahan bersama anak-anak SD :)

berkeliling kampung, dari rumah ke rumah, masjid ke masjid, dan ke sekolah sekolah
mencoba untuk membuat mereka tersenyum lagi :)
Setelah dirasa bisa meninggalkan anak-anak di Kurao Pagang
Tim Rumah Ceria pindah ke Posko selanjutnya di Padang Pariaman Di Bukit Sunur
alhamdulillah kami mendapatkan tambahan tim
ada 2 orang lagi dari Bandung :)


sama seperti di padang :)
kami mencoba berbagi keceriaan
walau pun sedih melihat kondisi dsana,
semua tim harus terlihat ceria, agar bisa membuat semua anak-anak disana tersenyum :)

inilah mereka orang-orang yang luar biasa
memberi pelajaran bagi chika untuk terus berbagi
dari kiri :D
Rafid (Padang), Mba Meri (Bengkulu). Ka'Kholik (Bandung), Uda Ghani(Padang), CHika^^, Mba Fitri (Bengkulu), Abi Hakmal (Bandung), A'Rio (Bengkulu)

pose laskar pelangi hihiii
 di akhir tulisan ini chika berharap.. kami dipertemukan kembali, tapi bukan untuk menjadi relawan lagi :)
karena kalo jadi relawan lagi, berarti ada bencana :( Smoga Allah menyayangi kita semua :)

42 comments :

  1. tadi malam saat gempa, saya sedang di Ulak Karang. Warga ulak Karang langsung panik saat dengar gempa berpotensi tsunami. padahal sedang hujan. mengungsi jadi repot. tapi sepertinya pagi inisudah aman kembali.

    ReplyDelete
  2. wow... pengen juga jadi relawan, wah entar jadinya pengen ada bencana...

    semoga merapi g meletus lah...

    ReplyDelete
  3. @kesehaRian Ra-KunUlak Karang apa di Padang juga?
    semoga masyarakat disana baik2 aja :(

    ReplyDelete
  4. @Khoirul Huda
    yah.. bukan saat bencana aja :)
    mungkin bisa juga bukan saat bencana
    sebagai relawan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat^^

    ReplyDelete
  5. wuuuuah salut deh buat Chika
    jadi relawan tuh keren banget!!!

    ReplyDelete
  6. @Elsa
    hihi.. makasih mba^^
    masih banyak Relawan2 yang luar biasa mba :)
    malah rela meninggalkan keluarga, dan mempertaruhkan nyawa mereka

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. @chikarei

    iya, ulak karang itu nama daerah dipadang, dekat laut. Sebenarnya tadi malam ada acara di Mes Koprasi Ulak karang. gara-gara gempa, acara di hentikan.

    ReplyDelete
  9. @kesehaRian Ra-Kun
    owhh kamu lagi di Padang yah?
    brarti gempa nya gede banget ya
    ampe2 acara nya dihentikan :(

    ReplyDelete
  10. iya.. sedih banget denger berita itu.. semoga nggak ada bencana lagi ya...Amin..
    Salut sama chika yang dah jadi relawan.. semoga aku juga bisa berguna buat orang lain.. Amin..

    ReplyDelete
  11. wah..km sempet jd relawan ya chik..salut atas niat tulusmu...:)

    ReplyDelete
  12. subhanallah.. saya jg pengen jadi relawan.. yah tapi untuk saat ini hanya doa yang baru bisa saya berikan..

    ReplyDelete
  13. wuaaaaah....senengnya bisa jadi relawan ^^
    seandainya aja riska bisa...... *berharap*

    semoga Allah membalas hati yang tulus :kiss:

    ReplyDelete
  14. mungkin yg lebih kerasa untukku ya gempa yg di Yogya hhe... soalnya hampir deket2 situ kampung ibuku hhe... tapi yg di Padang juga kerasa sih.. soalnya tuan putriku orang padang hhe.. tapi untungnya keluarganya gak ada yg kenapa2 hhe.....

    smoga gak ada lagi ya Chik :P

    >> Blogvaganza lomba nulis tentang Internet sehat yg di detik.com...hadiahnya iPad lho hhe... aku juga masih mikir mau nulis tentang apa haha.....

    ReplyDelete
  15. Wah,senangnya jadi relawan..!
    Pengalamanmu banyak banget,Chika..!

    ReplyDelete
  16. waalaikum salam ning chika ...
    wah kegiatan yang mulia, dengan tulus ikhlas berbagi pada yang membutuhkan. semoga menjadi ladang amal kebajikan yang terus mengalir untuk dunia akherat

    ReplyDelete
  17. enaknya jadi relawan... bisa ngerasain hal-hal nyata yang nggak pernah kita rasain...

    ReplyDelete
  18. Tuhan selalu memberi ujian ke negara yang kuat. :)

    ReplyDelete
  19. Hidup ini penuh warna, Dia yang mengizinkan sesuatu terjadi atas hidup kita agar kita makin bertumbuh di dalam Dia. Hargailah setiap waktu dan kejadian yang terjadi atas hidup kita..

    ReplyDelete
  20. aku merinding bacanya..mulia bgd usaha chika kesana...
    semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya

    ReplyDelete
  21. Yusuf islam bersenandung...oh baby bay its a wild world...analogi yang pas untuk indonesia sekarang2 ini:
    Bencana alam beruntun...

    tapi melihat artikel ini tergambar jelas orang2 itu tidak hanya simpati moril saja, melainkan terjun langsung ke lapangan membantu para korban..Hidup Indonesia masih peduli sesama.

    =salam kenal=

    ReplyDelete
  22. hebat euy adinda satu ini :) yg dari palembang gak ada ya? hmmmmm

    ReplyDelete
  23. @ajengdewie
    Ternyata bencana nya malah beruntun mba 
    Chika pengen kesana lagi, tapi bingung.. belum ada yang nawarin 

    @mbah jiwo
    Wkeee emang pada narsis mbah :p

    @windflowers
    Iyah mba, makasih 

    @saidihaldy
    Rencananya chika juga pengen jadi relawan lagi di tempat bencana kali ini, tapi belum tau apa ada yang mau ngajak ato gx >.<

    @Riska mbem
    ^^
    Bisa kok ka, coba cari organisasi yang membutuhkan relawan

    ReplyDelete
  24. @Ferdinand
    Wahh kampungnya dijogja ya, trus tuan putri nya dipadang?
    Padang dimananya?
    Smoga aja keluarga disana gx apa2

    Wahh mau donk nyoba ikutan ^^

    @combrok
    Di sana chika banyak banget dapet pengalaman^^
    Pengalaman chika masih dikit kok
    Harus belajar banyak lagi

    @Djangan Pakies
    Masih belum seberapa dibandingkan yang lain 
    Tapi semoga aja dengan amal kecil ini bisa mengalirkan kebajikan
    Makasih ya

    @Return to My Blogg
    Enaknya bisa berbagi dengan orang lain

    @Tukang Colong
    Semoga kita termasuk negara yang kuat itu
    Bukan negara yang diberi azab

    ReplyDelete
  25. @Hanya Seorang Sahabat
    Hanya orang-orang yang beruntunglah yang bisa menghargai waktu di dunia

    @dv
    Amin..
    Makasih yah…

    @ethie
    You could be there If you want 

    @adetruna
    Semoga Indonesia bisa bangun dari kesalahan-kesalahan yang ada
    Bukan malah semakin bebal akan peringatan Allah

    @kemanx
    Makasih^^
    Yang dari palembang mungkin ada tapi gx satu tim ama chika

    ReplyDelete
  26. cool, keren bisa nyumbang tenaga secara langsung.

    btw ini bencana dimana - mana ya. indonesia memang sedang sakit sakitan nih. hmm.

    ReplyDelete
  27. Salam
    Menyapa kawan dihari Sumpah Pemuda. Mohon berpartisipasi dan dukungannya kawan...

    Salam Kawan

    ReplyDelete
  28. Ya Allah..., ternyata gempa di Padang baru terjadi 1 tahun yang lalu ya...? Dan kini... bencana itu datang lagi.

    ReplyDelete
  29. Wah, hebat banget apa yg telah dilakukan selama di Padang. Salut...

    ReplyDelete
  30. @Rizaldy
    makasih..
    chika pengen bisa kesana lagi :(
    Indonesia sakit, dan manusia nya membuat sakit itu tambah parah

    @denbagas
    youpppiu
    segera berkunjung

    ReplyDelete
  31. @mba reny
    iya mba baru satu tahun :(
    smoga kita semua bisa mengambil pelajaran dari itu semua...

    ReplyDelete
  32. hebat nih Mbak Chika sudah menjadi reLawan yang berhasiL untuk mengembaLikan keceriaan para anak yang sedang di rundung kedukaan mendaLam.

    saya tidak bisa berbuat apa2, termasuk untuk menjadi reLawan. hanya bisa turut mendoakan, semoga tidak ada Lagi bencana di negeri ini. sudah Lebih dari cukup apa yang seLama ini kita Lihat dan rasakan bersama, kepedihannya adaLah kepedihan kita dan kebahagiaannya adaLah kebahagiaan. bersatu padu daLam semangat kebersamaan.

    ReplyDelete
  33. @om rame
    gx terlalu um :)
    masih banyak orang2 hebat di luar sana...
    bantuan kan tidak hanya dengan menjadi relawan, doa kita dan dukungan moril itu sangat berarti bagi mereka
    :)

    ReplyDelete
  34. tidak terLaLu, bukan berarti tidak hebat :P

    yah, waLaupun beLum mampu untuk bisa sehebat beLiau. tapi paLing tidak sudah bisa mengimbanginya dan sudah berbuat Lebih dari pada kebanyakan orang.

    ReplyDelete
  35. @chikarei

    masih lebih kecil dibanding gempa tahun lalu sih. tapi karena masyarakat trauma, jadi cepat panik.

    ReplyDelete
  36. @om rame
    iyah om... :)
    masih banyak hal baik yang bisa dilakukan

    @Ra-Kun
    iyah emang dbandingkan tahun kemarin
    kekuatannya lebih kecil
    tapi, yg skarang disertai tsunami

    ReplyDelete
  37. subhanalloh luar biasa chika,,semangat,

    ReplyDelete
  38. yahh kl ingat gempa dipadang tgl 30 sep 09 mbak jd sedih krn memory yg berisikan foto2 mbak di ambacang dan lain waktu melihat keluarga disana hilang hiks...hiks...

    ReplyDelete
  39. @Justmeilani
    :( ya Allah
    emang keluarga mba kena bencana disana mba??

    ReplyDelete