Beragam Info Terkini

Monday, December 14, 2015

Manfaat Makan Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

2 comments :
Tahukah Anda bahwa Jengkol ternyata punya manfaat bagi tubuh. Jika selama ini Anda beranggapan bahwa Jengkol hanyalah makanan yang bau tak sedap ternyata Anda salah. Banyak manfaat Jengkol yang belum banyak diketahui orang-orang.



Berikut beberapa manfaat Jengkol Bagi Kesehatan tubuh

1. Pembentukan Jaringan Tubuh
Kandungan protein yang tinggi pada jengkol dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. kandungan protein pada jengkol ternyata jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau dan kacang keledai.


2. Mencegah Anemia
Jengkol ternyata kaya akan zat besi yang mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel darah merah

3. Mencegah Tulang Keropos / Memperkuat tulang dan gigi
Selain zat besi dan protein, kandungan zat lain yang ada di dalam jengkol adalah kalsium dan fosfor. Dua zat ini adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Kalsium dan fosfor dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Jadi, sering mengkonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup dapat membuat tulang pada tubuh anda menjadi lebih kuat.

4. Merampingkan perut
Jangan salah ya, jengkol juga dapat membantu merampingkan perut yang buncit. Kandungan seratnya yang tinggi dapat melancarkan BAB sehingga secara tidak langsung membuat perut langsing. Salah satu penyebab buncitnya perut pada seseorang adalah karena buang air besar yang tidak lancar dan tidak teratur.

5. Mencegah diabetes
Hebatnya lagi, jengkol dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Mengapa? Di dalam buah jengkol terdapat zat yang tidak ditemukan pada bahan-bahan makanan lainnya. Zat tersebut dinamakan zat asam jengkolat. Asam jengkolat ini berupa kristal-kristal yang tidak larut oleh air. Karena sifat diuretic inilah jengkol sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anda para penderita gangguan ginjal. Dikhawatirkan ginjal tidak akan mampu menyaring asam jengkolat pada buah jengkol. Akibat ginjal tidak mampu menyaring asam jengkolat adalah sulit berhentinya buang air kecil (anyang-anyangan).

 dirangkum dari berbagai sumber

Tuesday, February 17, 2015

Info Lomba : PERHUTANI GREEN PEN AWARD 2015 (DL: 22 Februari 2015)

Lomba Menulis Cerita Pendek Hutan & Lingkungan

Syarat-syarat Lomba :
  1. Peserta :
  • Warga Negara Indonesia
  • pelajar SLPTP/sederajat (Kategori A)
  • Pelajar SLTA & Mahasiswa (Kategori B)
  • Guru, Dosen, Penulis/Pengarang dan Umum (Kategori C)
  1. Pendaftaran lomba dibuka mulai tgl. 22 Nopember 2014 dan ditutup tgl. 22 Pebruari 2015 (Stempel Pos/jasa Kurir)
  1. Judul naskah bebas, tema cerita kehidupan dengan berbagai aspeknya terkait hutan, alam dan lingkungan hidup.
  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, indah (literer) dan komunikatif.
  1. Naskah adalah karya asli, bukan jiplakan, terjemahan atau saduran dan belum pernah dipublikasikan, disertai dengan dokumen pernyataan diatas materai.
  1. Panjang naskah 5 s/d 10 halaman A4, diketik 1,5 spasi huruf Times New Roman ukuran font 12 poin, margin standar.
  1. Naskah dicetak atau print out sebanyak 2 (dua) rangkap, file MS-Word dimasukkan dalam CD.
  1. Peserta mengirimkan naskah 1 (satu) judul atau maksimal 2 (dua) judul, dikirimkan ke Panitia Perhutani Green Pen Award 2015: Perhutani Residence, Jl. Gedung Hijau I No. 17, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Tulis kategori A/B/C di sisi kiri atas amplop tertutup.
  1. Naskah dilampiri:
  • Biodata lengkap; alamat, nomor telpon/HP, Email yang mudah dihubungi.
  • Foto copy Kartu Pelajar (Kategori A);
  • Foto copy Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa dan KTP bagi Mahasiswa (Kategori B)
  • Fotocopy KTP/Paspor/Kartu Pegawai dan indentitas lainnya (Kategori C)
  • Tulisan singkat tentang salah satu kegiatan Perum Perhutani, diketik rapi minimal 70 kata, diperbolehkan menambah foto apabila ada. Sumber informasi Situs www.perumperhutani.com atau sumber lain dengan menyebut nama sumber.
10. Nama-nama pemenang akan diumumkan pada tgl 29 Maret 2015 melalui Situs: www.perumperhutani.com
11. Panitia tidak memungut biaya apapun dari peserta lomba, tidak menunjuk perwakilan
dan tidak melayani surat menyurat terkait penyelenggaraan ini.
12. Naskah yang dilombakan menjadi milik Perum Perhutani dan dapat diterbitkan
untuk kepentingan dokumentasi dan program Komunikasi Perusahaan. Hak cipta pada pengarang.
13. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.

Hadiah Bagi Pemenang Kategori A
  • Pemenang 1: Piala, Piagam, Uang Tunai Rp. 3.000.000,-
  • Pemenang 2: Piagam, Uang Tunai Rp. 1.500.000,-
  • Pemenang 3: Piagam, Uang Tunai Rp. 1.000.000,-
  • 5 (Lima) Pemenang Harapan: Piagam, Uang Tunai Rp. 500.000,-
Hadiah Bagi Pememang Kategori B
  • Pemenang 1: Piala, Piagam, Uang Tunai Rp. 4.000.000,-
  • Pemenang 2: Piagam, Uang Tunai Rp. 2.000.000,-
  • Pemenang 3: Piagam, Uang Tunai Rp. 1.500.000,-
  • 5 (Lima) Pemenang Harapan: Piagam, Uang Tunai Rp. 750.000,-
Hadiah Bagi Pemenang Kategori C
  • Pemenang 1: Piala, Piagam, Uang Tunai Rp. 5.000.000,-
  • Pemenang 2: Piagam, Uang Tunai Rp. 3.000.000,-
  • Pemenang 3: Piagam, Uang Tunai Rp. 1.500.000,-
  • 5 (Lima) Pemenang Harapan: Piagam, Uang Tunai Rp. 1.000.000,-
Catatan:
  • Informasi lomba dapat diakses di www.perumperhutani.com
  • Artikel Penulisan Sastra Hijau dapat diakses di FB Sastra Hijau Perhutani Green Pen Award  dan www.rayakultura.net

Sunday, March 16, 2014

Menanti Cinta - A Novel by Adam Aksara

6 comments :

Judul : Menanti Cinta
Penulis : Adam Aksara
Penerbit : Mozaik Indie Publisher
Tahun terbit : Pebruari 2014
Edisi : pertama
Tebal : viii + 221 halaman

Cinta tak akan pernah membebani, baik bagi yang dicintai, maupun yang mencintai karena cinta adalah sebuah ekagungan yang melembutkan hati dan mencerahkan kehidupan bagi yang memilikinya.

Bicara cinta memang tak ada habisnya. Begitu banyak cerita cinta dengan berbagai pernak perniknya yang akhirnya diabadikan dalam sebuah buku yang bisa dibaca banyak orang.

Salah satu cerita cinta Alex pada Claire yang dituliskan oleh seorang penulis lepas yang diminta oleh seseorang yang tak pernah dikenalinya. Sang penulis merasa aneh Karena ia diminta menuliskan biografi seseorang  dengan menghilangkan nama lokasi, tempat dan perusahaan yang terkait. Dengan pertimbangan cek yang sudah diterimanya, sang penulis akhirnya memutuskan untuk mulai menulis biografi Alex, Joko Alex Sudono.


Alex bukanlah lelaki sempurna, ia menderita lumpuh karena terserang penyakit folio saat ia kecil. Namun cacat yang ia dia derita tak membuat kehidupannya menjadi cacat pula. Dimulai dari seperangkat bahan kimia pemberian ibunya, alex mulai mencintai eksprimen kimia. Hari-harinya dihabiskan dengan membaca catatan bahan kimia dan bereksprimen menciptakan produk rumah tangga yang aman seperti sabun cuci, cairan pembersih, pupuk kimia dan sejenisnya. Kemampuannya itu didukung penuh oleh keluarga hingga bisa membanguns ebuah pabrik tempat pembuatan produk kimia. Pada umur 20 tahun Alex telah mendapat gelar profesor berkat beberapa penemuan berharganya di bidang kimia maupun atas produk-produk inovatif ciptaannya.


Cinta mempertemukannya dengan Claire.  Alex menjadi dosen kimia di sebuah universitas, sedangkan Claire menjadi mahasiswa jurusan perawat. Claire gadis yang cantik dan menarik, namun kisah hidupnya tidak semenarik parasnya. Ia tidak pernah diinginkan oleh ibunya yang merupakan mantan pelacur, beberapa kali ia dicoba dijual oleh ibunya namun gagal. Sedangkan ayah tirinya selalu bersikap kasar bahkan seringkali ingin menodainya. Claire harus tumbuh dalam lingkungan keluarga yang sangat jauh dari impian, disela-sela kuliahnya ia harus bekerja memenuhi perut keluarganya.


Diam-diam Alex menaruh hati pada Claire. Claire terlihat berbeda dimatanya, dan ia selalu ingin membantu setiap permasalahan Claire walaupun Claire tidak mengetahui. Banyak hal yang dilakukannya, seperti meminta penjaga perpustakaan untuk menyiapkan makanan untuk Claire, memberikannya beasiswa hingga memberikannya pekerjaan setelah ia keluar dari tempat bekerjanya di Mark’s Burger. Semua masalah Claire seolah dengan mudah diselesaikan oleh Alex walaupun dengan menghalalkan segala cara. Alex hanya ingin Claire bahagia. 


Cinta akhirnya tumbuh dalam kebersamaan mereka. Namun masing-masing merasa tak pantas untuk dicintai. Alex merasa ia bukanlah lelaki yang sempurna dengan cacat kakinya, sedangkan Claire merasa ia wanita rendah karena ibunya mantan pelacur. Mereka hanya menyimpan perasaan masing-masing dan mencoba saling membahagiakan.


Seperti novel cinta kebanyakan, novel ini memperlihatkan bahwa cinta kadang bisa membuat kita melakukan apa saja demi orang yang dicintai. Rela mengorbankan apapun bahkan perasaan untuk menolong orang yang dicintai. Kisah yang ditawarkan dalam cerita ini pun penuh liku. Alur cerita yang cepat dan mengallir membuat saya tidak membutuhkan waktu lama membacanya. Saya suka gaya penceritaannya yang asyik.


Akhir cerita membuat saya sedikit kecewa. Saya berharap sepeninggalan Alex, Claire bisa move on  dan bisa memaknai cinta sebagai sesuatu yang harusnya tidak membebani seperti yang tertera di beberapa quote novel ini. Namun, Claire harus jadi abu karena cintanya. Saya sedih sekali membaca akhirnya. Harusnya Claire bisa kuat dan melanjutkan mimpi-mimpi Alex. (hehee… ini keinginan pribadi saya yang tidak terima sad endingnya :D)

Semoga kisah Alex dan Claire ini hanya ada di novel Menanti Cinta saja :D dan tidak terjadi dikehidupan para pembaca. Aamiin..

Oh ya, saya awalnya kaget karena baru beberapa lembar membaca ada halaman buku yang copot. Saya berfikir kalau saya terlalu semangat membaca hingga halamannya bisa copot. Ternyata banyak resensor yang juga mengalami hal demikian. Dan ada konfirmasi dari pihak Mozaik Indie Publisher bahwa mereka meminta maaf akan cacatnya novel ini dengan memberikan beberapa opsi. Silahkan dipilih opsinya ?

siapa saja yang berminat membeli novel Menanti Cinta langsung saja kunjungi website penerbitnya: Mozaik Indie Publisher.

Monday, January 27, 2014

Ikan Bakar Bumbu Kuning (Liputan dan Resep)

13 comments :
assalammualaikum
Hai apa kabar semua. ^_^
sebenarnya ini postingan nya telat hehee. Hari sabtu malam minggu tepatnya tanggal  25 Januari 2014, saya dan suami mengundang adik-adik saya untuk silaturahim ke rumah plus acara bakar ikan. Sebenarnya udah lama punya niat untuk bikin acara ini, tapi saya sering kurang fit jadi baru terlaksana sabtu kemarin. Kebetulan saya udah jarang ngumpul sama adik-adik, jadi kangen seru-seruan sama mereka.

tiud,Dian, Dea (sepupu_, Saya (yang pake jilbab Putih), Suami, Bayu

Nah, kami mulai bakar-bakarnya selepas isya, sebelumnya saya udah buat bumbu ikannya dan ikannya didiamin dulu deh di bumbu. Sambil nunggu ikannya dibakar saya buatin adik-adik tahu isi. Saya kira pada kurang suka, taunya eh langsung diserbu dan ludes..


Nah, setelah udah kenyang makanin tahu, saatnya acara utama yaitu bakar ikan, yeayyyy.

dari kiri atas (Bayu, Tia, Saya, Dian)

Sebagai tukang bakarnya itu suami saya hehee, yang lain cuma mejeng buat foto aja :D


 
Taraa, inilah hasil ikan bakarnya, luamayan juga bumbu buatan saya hehe...
Oh ya, sekalian saya bagi-bagi resepnya, ini resepnya udah saya padukan antara berbagai resep,

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning
Bahan
1. Santan Kental secukupnya (kalo saya beli rp. 5000)
2. Ikan Nila 2 kg (bisa disesuaikan porisnya) karena kami banyak jadi beli banyak hehe

Bumbu Halus
3. Lengkuas
4. Jahe
5. Kunyit
6. Kemiri 1
7.  4 siung Bawang Merah
8. 3 siung bawang putih

9. 1 batang serai
10. 2 lembar daun jeruk dibuang tangkainya
11. 1 lembar Daun Kunyit
12. Jeruk Nipis 1 buah
13. Garam Secukupnya
14. Penyedap (jika suka)


Cara Membuat
1. Bersihkan ikan Nila, lalu lumuri Jeruk nipis dan garam. diamkan
2. Masukkan bumbu halus, serai, daun jeruk, daun kunyit, dan santan dalam kuali, masak hingga mendidih, tambahkan garam secukupnya, masak tapi jangan terlalu kering,
3. Campurkan ikan ke dalam bumbu yang sudah dimasak, diamkan selama 15 menit- 1 jam
4. Siapkan panggangan.
5. Bakar ikan hingga matang,
6. Sajikan, bila suka bisa disajikan dengan sambal hijau ^_^

Selamat mencoba
 

Sunday, January 19, 2014

Prenagen Esensis - Nutrisi Pesiapan Kehamilan

4 comments :

Beberapa waktu yang lalu, saya dapat informasi dari teman bahwa Kalbe memberikan sample produk gratis yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Akhirnya saya buka Facebook Kalbe Family dan menemukan memang Kalbe memberikan sample produk. caranya sangat mudah. Tinggal klik Produk Sample Request  dan isilah data diri kita.

Setelah saya isi data diri ternyata langsung dibalas oleh admin Kalbe. Berisi konfirmasi data diri saya apakah lengkap dan apakah mau dikirim kan sample. Saya balas OK, dan hari jumat kemaren sample produk nya sudah sampai. Alhamdulillah. Saya agak kaget karena sample yang dikirim lumayan banyak hehe. Makasih ya Kalbe

Memang saat mengisi data saya minta sample produk susu PRENAGEN Esensis  sebagai Nutrisi Persiapan Kehamilan. Mungkin sebagian teman sudah tau kalau saya pernah mengalami musibah keguguran pada bulan Oktober. Nah, sekarang kata dokter rahim saya sudah sehat dan bisa program untuk hamil lagi. Saya bertekad bahwa saya akan lebih menjaga diri jikalau Allah memberikan kesempatan untuk hamil lagi. Nah salah satunya adalah mengkonsumsi nutrisi yang baik sebelum kehamilan. Seperti susu yang tepat.

Saya pun dapat ilmu dari Pagenya Prenagen Esensis, Agar masa kehamilan, kelahiran dan bayi yang terlahir nantinya sehat, calon mommy dan ayah perlu menyiapkan diri di masa prakonsepsi. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan pendukung kesehatan di masa prakonsepsi.
1. Konsumsi protein akan meningkatkan produksi sperma. 

 Makanlah telur, ikan, daging dan tempe
2. Asam folat, penting bagi calon bunda sejak prakonsepsi sampai kehamilan trimester pertama. Berperan dalam perkembangan sistem saraf pusat dan darah janin. Cukup asam folat mengurangi risiko bayi lahir dengan cacat sistem saraf sebanyak 70%. Makanlah sayuran hijau tua, jeruk, alpukat, hati sapi, kedelai, tempe dan serealia
3.Cukupi zat seng. Bagi bunda, seng membantu produksi materi genetik ketika pembuahan terjadi. Bagi ayah, melancarkan pembentukan sperma. Makanlah kerang, daging, telur, biji-bijian dan kacang-kacangan
4. Cukupi zat besi, karena kekurangan zat ini membuat siklus ovulasi (pelepasan sel telur) mommy terganggu. Sumbernya: hati, daging merah, kuning telur, sayuran hijau, jeruk dan serealia yang diperkaya zat besi.
dan mommy jangan lupa mengonsumsi #PRENAGEN esensis dua kali sehari sebagai persiapan nutrisi untuk si calon janin nanti.


Well, Prenagen esensis yang dikirim langsung saya coba. Sebenarnya ada 3 varian rasa yaitu coklat. vanila dan moka. Tapi saya minta dikirimkan rasa coklat. Cara buatnya mudah kok. Larutkan 1 sachet sample (35g) prenagen esensis ke dalam 180 ml air hangat. aduk sampai larut dan siap untuk diminum. dulu di kehamilan pertama saya memang tidak mengkonsumsi susu kehamilan karena takut tidak suka rasanya. Tapi ternyata rasa susu yang ini tetap enak dan nggak bikin mual. 

Nah Prenagen Esensis ini juga kaya akan nutrisi yang pas untuk wanita yangs edang mempersiapkan kehamilan diantaranya
1. asam folat
2. kolin, yang berperan sebagai bahan pembentuk fosfatidikolin bagian penting dalam membran sel
3. zat besi yang dapat membantu mencegah dan mengatasi anemia dan kekurangan gizi
4. tinggi kalsium. yang berperan dalam pembentukan tulang serta mempertahankan kepadatan tulang dan gigi
5. rendah lemak, 80% lebih rendah daripada susu full cream

nah, samplenya udah habis, hehe, saatnya saya cari yang satu kotak :D yuk mommy coba, Prenagen Esensis, Ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui




Thursday, January 16, 2014

Resep Gulai Tauco

11 comments :
Gulai tauco adalah salah satu favorit saya ehehe, bikinnya memang perlu waktu lebih lama dibandingkan bikin sambel, tapi sekali-kali bolehlah dicoba. Kebetulan hari ini saya lagi istirahat dan nggak ketoko, akhirnya masak-masak deh dirumah.

Secara umum bumbu gulai tauco ini kayak biasa sih. Tapi kalo resep saya lebih sederhana (resepnya diajari sama ibu) :D



Bahan:
1. 4 potong tahu putih, dipotong dadu
2. 1 potong tempe, dipotong dadu
3. 2 ons buncis, iris serong
4. 10 buah cabe hijau iris serong (kalo mau lebih pedas saya tambahkan cabe rawit dan cabe hijau lebih banyak)
5. Jeroan (hati ayam) * ini tambahan ya, kadang-kadang saya tambahin udang, atau ikan goreng
6. 4 siung bawang merah, iris halus
7.  2 siung bawang putih iris halus
8. 3 cm jahe, digeprek
9. 1 batang serai, dikeprek
10. 1 lembar daun salam
11. 2-3 sendok tauco (sesuai selera
12. Garam secukupnya
13. Minyak untuk menggoreng
14. Santan dari 250 gram kelapa

Cara Membuat
1. Goreng Tahu, Tempe, Ikan/ayam/udang lalu sisihkan
2. Panaskan minyak secukupnya, tumis bawang merah bawang putih, jahe, serai, daun salam, dan cabe hingga layu dan harum.
3. Masukkan buncis hingga berubah warna
4. Tuangkan santan, diaduk hingga mendidih, lalu masukkan tauco diikuti tempe tahu
5. Tambahkan garam secukupnya, atau penyedap (jika suka)
6. Aduk-aduk hingga matang.
7. Angkat dan Sajikan :)

Semoga bermanfaat ^_^